BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Arus komunikasi dan informasi di
era global ini semakin maju dan baik. Kemungkinan ini mempermudah pelayanan dan
kebutuhan masyarakat tentang sarana dan prasarana komunikasi. Ketersediaan
sarana komunikasi yang meluas canggih momentum adanya kemampuan masyarakat
untuk dapat menggunakannya dengan baik. Hal ini juga diperlukan dalam
komunikasi dengan menggunakan surat.
Surat adalah alat untuk menyampaikan informasi
atau pesan kepada orang lain. Dengan dunia pendidikan surat sangat diperlukan dalam kegiatan
administrasi. Surat yang dimaksud adalah surat dinas / surat
undangan resmi. Untuk mempersiapkan generasi muda masa depan, maka sejak dini
perlu ditekankan ketrampilan menulis surat
resmi bagi penata didik. Hal ini untuk menciptakan panata didik yang mampu
menyusun surat,
mengkaji dengan baik dan benar.
Tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas
III SMP 2 Wera masih rendah. Rendahnya kempampuan menulis surat
undangan resmi dengan baik dan benar menjadi masalah yang harus dicarikan
alternative pemecahan kempampuan dalam menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar.
Untuk mengetahui kendala yang
dihadapi, upaya pemecahan masalah yang akan dilakukan yaitu peneliti
menganalisa kembali proses kegiatan pembelajaran selama ini. Dari hasil analisa
bahwa diperlukan media pembelajaran dalam mengajarkan materi tersebut. Proses
pembelajaran agar siswa dengan mudah menyerap materi pelajara. Untuk menunjang
proses pembelajaran diperlukan media yang efektif dan efisien sehingga dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan permasalahan
tersebut, peneliti membuat media pembelajaran pemutaran Blok, media ini
diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan daya serap siswa, sehingga siswa
memiliki kemapuan menulis surat
undangan resmi dengan baik dan benar.
B. Perumusan Masalah.
Berdasarkan uraian latar belakang
di atas, maka peneliti dapat mengajukan rumusan masalah sebagai berikut :
“ Bagaimanakan tingkat
kemampuan menulis surat
undangan resmi siswa kelas III SMP Negeri 2 Wera Tahun Pelajaran 2009 / 2010
C.
Tujuan
Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat undanagan resmi dengan
menggunakan media pemetaan blok.
D. Manfaat Penelitian
Adapun
yang menjadi manfaat dalam penggarapan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.
Siswa memiliki kemampuan menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar
b.
Siswa memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi,
khususnya pada pokok bahasan menulis surat
undangan resmi
c.
Diharapkan dapat berguna bagi guru-guru mata pelajaran
Bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kratifitas pembelajaran.
d.
Diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan mutu
pendidikan di sekolah tersebut khususnya matapelajaran Bahasa Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Media Pembelajaran.
Media pembelajaran dapat didefinisikan
sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat
mendorong terjadinya proses belajarn pada diri siswa ( Karti Soeharto, 2003 ). Sementara Asosiasi Teknologi Komunikasi
Pendidikan (AECT) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang
digunakan untuk menyampaikan pesan dalam ( Depdiknas, 2004 ). Senada dengan itu
Gagna dan Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan rangsangan
bagi siswa agar terjadi proses belajar. (Aqib, 2003 ).
Berdasarkan tuga pendapat diatas dapat
disimpulkan bahwa media adalah sesuatu yang digunakan untuk memperlancar dan
mempermudah seseorang dalam menyampaikan pesan sehingga si penerima pesan dapat
menerima dan mengolah pesan tersebut dengan mudah.
B. Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah untuk memperlancar
interaksi antara guru dan murid sehingga kegiaatan pembelajaran akan lebih efektif
dan efisien. Media pembelajaran juga bermanfaat membantu tumbuhnya pengertian
dan perkem,bangan kamampuan berbahasa. ( Usman, Uzer 2000 )
Tetapi secara khusus ada beberapa manfaat
dari media pembelajaran, seperti apa yang ditulia olah Sukarti ( 1996 ).
Menurutnya manfaat pembelajaran adalah sebagai berikut : (1). Meningkatkan
motivasi siswa, (2) Mencegah kebosanan siswa dalam mengikuti suatu belajar mengajar,
(3) Menjadikan proses belajar mengajar
berjalan lebih sistematis, (4) Memudahkan siswa memahami instruksi guru dalam
proses belajarn mengajar, (5) Memperkuat pemahaman siswa pada konteks pelajaran
yang diharapkan.
C. Keterampilan
Menulis Bahasa Indonesia.
Kerampilan menulis adalah salah satu kemampuan
yang harus dimiliki oleh siswa SMP dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Keterampilan menulis yang dimaksud adalah menulis surat dinas undangan resmi . Hal ini sesuai
dengan tuntutan kurikulum. Dalam
kurikulum Bahasa Indonesia SMP yaitu Kurikulum 1994, Suplemen GBPP tahun
1999, dan dalam KBK tertuang bahwa siswa
kelas III SMP diharapkan mampu menulis surat dinas atau surat
undangan resmi sesuai dengan sistematika yang tepat dan bahasa yang baku.
Berdasarkan hasil analisis selama
proses KBM pelaksanakan Rencana Pembelajaran sudah cukup bagus. Hal ini karena
adanya pengaruh penggunaan Papan Pemetaan Blok. Pengaruh penggunaan media itu
akan meningkatan minat sekaligus di ikuti peningkatan daya serap siswa.
Dari hasil observasi selam KBM
berlangsung, dengan metode pemberian tugas
individu dan tugas kelompok. Dari beberapa siswa, masih dijumpai siswa yang
tidak menyelesaikan tugas individu. Setelah dibawah ke dinamika kelompok kedua
orang siswa tersebut, dapat ikut serta menyelesaikan tugas kelompoknya dan peningkatan
ketrampilan menulis surat
undangan resmi dengan menggunakan Papan Pemetaan Blok, hasilnya sangat baik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Adapun yang menjadi kesimpulan dalam
pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Siswa dapat memahami definisi atau media pembelajaran
2.
Dapat meningkatkan motivasi siswa, mencegah kebosanan
siswa dalam proses belajar mengajar berjalan lebih sistematis sehingga pemahaman
siswa dapat meningkat sesuai dengan konteks pelajaran yang diharapkan
3.
Siswa bisa menerapkan keterampilan menulis undangan
resmi dengan baik dan benar dengan menggunakan pemetaan blok.
B. Saran.
1. Guru Bahasa Indonesia kelas III SMPN dapat
menggunakan media pemetaan Blok sebagai alternatif media pembelajaran pada
materi menulis surat
undangan resmi.
2. Guru
Bahasa Indonesia
agar berupaya mencari alternative media yang tepat untuk kegiatan pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal, 2003. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendekia
Depdiknas, 1999. Penyempurnaan/Penyesuaian
Kurikulum 1994, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.
Depdiknas, 2004. Media
Pembelajaran. Jakarta.
Depdiknas, 2004. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta
: Direktorat Jenderal Dasar Dan Menengah Pertama.
Depdiknas. 2005. Materi
Pelatihan Terintegrasi – Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar Dan Menengah Pertama.
Hasnun, Anwar, 2004. Pedoman & Petunjuk Praktis Karya Tulis Ilmiah, Yokyakarta :
Absolut.
Mulyasa, 2003. Kurikulum
Berbasis Kompetensi, Karakteristik dan Implementasi, Jakarta.
Soeharto, Karti. 2003. Teknologi Pembelajaran Pendekatan Sistem, Konsepsi dan modul, SAP,
Evaluasi, Sumber Belajar dan Media. Surabaya
: Sic.
Usman, Moh. Uzer, 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung
: PT, Remaja Rosdakarya Pffset.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ……………………………………………………….
B.
Rumusan Masalah ……………………………………………………
C. Tujuan
……………………………………………………………….
D. Manfaat
……………………………………………………………...
BAB II PEMBAHASAN
A.
Definisi Media Pembelajaran ………………………………………
B.
Manfaat Media Pembelajaran ………………………………………
C.
Ketrampilan Menulis Bahasa Indonesia …………………………….
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………………..
B.Saran
……………………………………………………………….
0 komentar:
Posting Komentar