Sabtu, 15 Maret 2014

KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN RESMI SISWA KELAS III SMP NEGERI 2 WERA



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
               Arus komunikasi dan informasi di era global ini semakin maju dan baik. Kemungkinan ini mempermudah pelayanan dan kebutuhan masyarakat tentang sarana dan prasarana komunikasi. Ketersediaan sarana komunikasi yang meluas canggih momentum adanya kemampuan masyarakat untuk dapat menggunakannya dengan baik. Hal ini juga diperlukan dalam komunikasi dengan menggunakan surat.
               Surat adalah alat untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain. Dengan dunia pendidikan surat sangat diperlukan dalam kegiatan administrasi. Surat yang dimaksud adalah surat dinas / surat undangan resmi. Untuk mempersiapkan generasi muda masa depan, maka sejak dini perlu ditekankan ketrampilan menulis surat resmi bagi penata didik. Hal ini untuk menciptakan panata didik yang mampu menyusun surat, mengkaji dengan baik dan benar.
      Tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas III SMP 2 Wera masih rendah. Rendahnya kempampuan menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar menjadi masalah yang harus dicarikan alternative pemecahan kempampuan dalam menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar.
               Untuk mengetahui kendala yang dihadapi, upaya pemecahan masalah yang akan dilakukan yaitu peneliti menganalisa kembali proses kegiatan pembelajaran selama ini. Dari hasil analisa bahwa diperlukan media pembelajaran dalam mengajarkan materi tersebut. Proses pembelajaran agar siswa dengan mudah menyerap materi pelajara. Untuk menunjang proses pembelajaran diperlukan media yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
               Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti membuat media pembelajaran pemutaran Blok, media ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan daya serap siswa, sehingga siswa memiliki kemapuan menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar.

B. Perumusan Masalah.
               Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka peneliti dapat mengajukan rumusan masalah sebagai berikut :
“ Bagaimanakan tingkat kemampuan menulis surat undangan resmi siswa kelas III SMP Negeri 2 Wera Tahun Pelajaran 2009 / 2010
C. Tujuan
Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat undanagan resmi dengan menggunakan media pemetaan blok.
D.    Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi manfaat dalam penggarapan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.       Siswa memiliki kemampuan menulis surat undangan resmi dengan baik dan benar
b.      Siswa memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi, khususnya pada pokok bahasan menulis surat undangan resmi
c.       Diharapkan dapat berguna bagi guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kratifitas pembelajaran.
d.      Diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan mutu pendidikan di sekolah tersebut khususnya matapelajaran Bahasa Indonesia.















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi Media Pembelajaran.
      Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajarn pada diri siswa ( Karti Soeharto, 2003 ).  Sementara Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam ( Depdiknas, 2004 ). Senada dengan itu Gagna dan Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan rangsangan bagi siswa agar terjadi proses belajar. (Aqib, 2003 ).
      Berdasarkan tuga pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa media adalah sesuatu yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah seseorang dalam menyampaikan pesan sehingga si penerima pesan dapat menerima dan mengolah pesan tersebut dengan mudah.

B.     Manfaat Media Pembelajaran
      Secara umum manfaat media  pembelajaran adalah untuk memperlancar interaksi antara guru dan murid sehingga kegiaatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran juga bermanfaat membantu tumbuhnya pengertian dan perkem,bangan kamampuan berbahasa. ( Usman, Uzer 2000 )
      Tetapi secara khusus ada beberapa manfaat dari media pembelajaran, seperti apa yang ditulia olah Sukarti ( 1996 ). Menurutnya manfaat pembelajaran adalah sebagai berikut : (1). Meningkatkan motivasi siswa, (2) Mencegah kebosanan siswa dalam mengikuti suatu belajar mengajar, (3) Menjadikan  proses belajar mengajar berjalan lebih sistematis, (4) Memudahkan siswa memahami instruksi guru dalam proses belajarn mengajar, (5) Memperkuat pemahaman siswa pada konteks pelajaran yang diharapkan.
                                         
C. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia.
      Kerampilan menulis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa SMP dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menulis yang dimaksud adalah menulis surat dinas undangan resmi . Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum. Dalam  kurikulum Bahasa Indonesia SMP yaitu Kurikulum 1994, Suplemen GBPP tahun 1999,  dan dalam KBK tertuang bahwa siswa kelas III  SMP diharapkan mampu menulis surat dinas atau surat undangan resmi sesuai dengan sistematika yang tepat dan bahasa yang baku.
            Berdasarkan hasil analisis selama proses KBM pelaksanakan Rencana Pembelajaran sudah cukup bagus. Hal ini karena adanya pengaruh penggunaan Papan Pemetaan Blok. Pengaruh penggunaan media itu akan meningkatan minat sekaligus di ikuti peningkatan daya serap siswa.
                  Dari hasil observasi selam KBM berlangsung, dengan metode pemberian tugas  individu dan tugas kelompok. Dari beberapa siswa, masih dijumpai siswa yang tidak menyelesaikan tugas individu. Setelah dibawah ke dinamika kelompok kedua orang siswa tersebut, dapat ikut serta menyelesaikan tugas kelompoknya dan peningkatan ketrampilan menulis surat undangan resmi dengan menggunakan Papan Pemetaan Blok, hasilnya sangat baik.





















BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
        Adapun yang menjadi kesimpulan dalam pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Siswa dapat memahami definisi atau media pembelajaran
2.      Dapat meningkatkan motivasi siswa, mencegah kebosanan siswa dalam proses belajar mengajar  berjalan lebih sistematis sehingga pemahaman siswa dapat meningkat sesuai dengan konteks pelajaran yang diharapkan
3.      Siswa bisa menerapkan keterampilan menulis undangan resmi dengan baik dan benar dengan menggunakan pemetaan blok.
B. Saran.
      1.   Guru Bahasa Indonesia kelas III SMPN dapat menggunakan media pemetaan Blok sebagai alternatif media pembelajaran pada materi menulis surat undangan resmi.
2.   Guru Bahasa Indonesia agar berupaya mencari alternative media yang tepat untuk kegiatan pembelajaran.














DAFTAR PUSTAKA


Aqib, Zainal, 2003. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendekia

Depdiknas, 1999. Penyempurnaan/Penyesuaian Kurikulum 1994, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.

Depdiknas, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta.

Depdiknas, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Dasar Dan Menengah Pertama.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi – Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama.

Hasnun, Anwar, 2004. Pedoman & Petunjuk Praktis Karya Tulis Ilmiah, Yokyakarta : Absolut.

Mulyasa, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Karakteristik dan Implementasi, Jakarta.

Soeharto, Karti. 2003. Teknologi Pembelajaran Pendekatan Sistem, Konsepsi dan modul, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media. Surabaya : Sic.

Usman, Moh. Uzer, 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT, Remaja Rosdakarya Pffset.





















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB    I    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………………………………………….
B.     Rumusan Masalah ……………………………………………………
            C.  Tujuan  ……………………………………………………………….
            D.  Manfaat  ……………………………………………………………...

BAB   II    PEMBAHASAN
A.    Definisi Media Pembelajaran  ………………………………………
B.     Manfaat Media Pembelajaran  ………………………………………
C.     Ketrampilan Menulis Bahasa Indonesia …………………………….
                 

BAB  III   PENUTUP
A. Kesimpulan  ………………………………………………………..
B.Saran  ……………………………………………………………….


0 komentar:

Posting Komentar